Budaya Jawa Timur

Siang ini, hari ke 6 puasa Ramadhan 1433 hijriyah, langit di luar lumayan cerah. Iseng-iseng nyobain modem baru yang kapan hari dioperasikan di tokonya cepat abis tapi pas dibawa ke rumah malah ga bisa nyambung sama sekali hiksss… Alhamdulillah ini kok tiba-tiba bisa nyambung dengan lumayan mulus lah hehehe, minggu kemaren dibawa ke rumah eyang juga menghasilkan Running Man dua episodee yeahhhh hahaha (malah curhat).

Kembali ke topik, sebenernya udah lama pengen ngepost yang berbau budaya-budaya tradisional gitu. Kenapa? karena Indonesia tuh kereeen banget, negara terkeren di galaksi Bimasakti deh pokonya. Kenapa? (haha kenapa lagi) Karena Indonesia adalah negara kepulauan yang luaaas banget tapi sebagian besar penduduknya bisa berbahasa Indonesia. Meskipun bukan bahasa ibu, bahasa Indonesia adalah bahasa pemersatu bangsa dari Sabang sampai Merauke. Kemudian juga Indonesia memiliki beragam flora dan fauna yang bermacam-macam bahkan banyak juga yang merupakan fauna endemik atau asli indonesia dan ga ada di tempat lain di dunia. Keren kaan!

Salah satu hal lagi yang bikin bangga dari Indonesia adalah, indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. bandingkan saja dengan negara lain di lingkup planet dalam aja, ga sampe satu tata surya, rasanya negara yang paling banyak budayanya ya Indonesia ini hehehe (narsis) saking banyaknya sampe beberapa budaya Indonesia sudah ada yang diklain negara lain, sedih ya. Saya adalah salah satu orang yang langsung memaki-maki dengan muka serius kalo ada berita klaim budaya Indonesia oleh negara lain. Ya mulai dari tarian makanan ato alat musik. Bukannya gimana ato gimance apalagi gimannnaa geto, yang jelas pasti ga rela lah kalo ada yang kayak gitu. Tentu juga sudah sering dengar ato baca sindiran dari masyarakat kita sendiri yang kurang menjaga budaya Indonesia, sekarang saatnya kita semua sebagai warga negara indonesia yang cinta Indonesia, saling bahu-membahu menjaga dan melestarikan budaya Indonesia.

Sebagai orang Jawa, saya ingin berbagi tentang budaya Jawa khususnya Jawa Timur hhe bukannya sukuisme yaa saya orang Surabaya dan saya bangga akan Indonesia. Berikut adalah beberapa kebudayaan Jawa Timur:

1. Rumah Adat Jawa Timur

Rumah adat Jawa Timur yang paling umum dan terkenal adalah rumah adat bentuk Joglo atau biasa dikenal dengan Rumah Joglo. Rumah Joglo terdiri dari dua bagian utama yaitu bagian pendapa dan bagian dalam. Bagian pendapa adalah bagian depan Joglo yang mempunyai ruangan luas tanpa sekat dan biasanya digunakan untuk menerima tamu atau ruang bermain anak serta tempat bersantai keluarga. Bagian dalam adalah bagian dalam rumah yang berisi ruang kamar serta ruangan lainnya yang bersifat lebih privasi. Ciri-ciri bangunan Joglo adalah bagian atap pendapanya yang menjulang tinggi seperti gunung.

2. Senjata Tradisional Jawa Timur

Senjata tradisional masyarakat Jawa timur yang paling terkenal adalah clurit. Nama lain dari clurit adalah sabit atau arit. Namun secara bahasa arit dan sabit cenderung merujuk pada alat pertanian, sedangkan clurit pada senjata tajam.

3. Baju Adat Jawa Timur

Pakaian adat jawa timur ini disebut mantenan. pakaian ini sering digunakan saat perkawinan masyarakat  Jawa Timur.

4. Makanan Khas Jawa Timur

Makanan khas Jawa Timur diantaranya adalah rawon

dan rujak petis.

Surabaya terkenal akan rujak cingur,

semanggi,

lontong balap,

dan sate kerang.

Kediri terkenal akan tahu takwa, tahu pong, dan getuk pisang.

Madiun dikenal akan nasi pecel madiun

dan sebagai penghasil brem.

Kecamatan Babat, Lamongan terkenal akan wingko babat nya.

Malang dikenal sebagai penghasil keripik tempe selain itu Cwie Mie dan Bakso juga merupakan kuliner khas daerah ini.

Bondowoso merupakan penghasil tape yang sangat manis.

Gresik terkenal dengan nasi krawu, otak-otak bandeng,bonggolan dan pudak nya.

Saya paling suka babat kalo di krawu… hmm babaat…

Babat sapi, atau yang bahasa inggrisnya tripe
sumber gambar: https://adistyp707.files.wordpress.com/2012/07/babat.jpg?w=300

Sidoarjo terkenal akan kerupuk udang dan petisnya.

Trenggalek merupakan penghasil Tempe Kripik.

Blitar memiliki makanan khas nasi pecel.

Banyuwangi terkenal dengan sego tempong dan makanan khas campurannya yaitu

rujak soto

dan pecel rawon.

hmm sluuuuuurrrrppppp….! Ini kok malah banyak makanan ya hahaha mentang-mentang bulan puasa, habis enak-enak semua sih sedap dan nikmat disantap dalam keadaan apapun hmmm yummy!

5. Lagu Tradisional Jawa Timur

Lagu tradisional Jawa Timur banyak yang berbahasa Jawa sehingga terkadang menjadi lagu bersama daerah Jawa Tengah yang dekat dengan Jawa Timur dan juga menggunakan bahasa Jawa. Beberapa lagu daerah Jawa Timur yaitu Sue ora jamu, Kerapan Sapi, Jamuran dan lain-lain.

6. Tarian Khas Jawa Timur

Tarian Khas Jawa Timur ada banyak sekali, beberapa tarian yang terkenal adalah Tari Remong,

sebuah tarian dari Surabaya yang melambangkan jiwa, kepahlawanan yang ditarikan pada waktu menyambut para tamu.

Tari lainnya yang terkenal yaitu Reog Ponorogo,

merupakan tari daerah Jawa Timur yang menunjukkan keperkasaan, kejantanan dan kegagahan.

Budaya indonesia bukan hanya milik sastrawan atau budayawan saja, budaya Indonesia milik seluruh masyarakat Indonesia, dan kita harus bangga sebagai warga negara Indonesia. Cintailah budaya kita dan tunjukkan pada alam semesta keagungan warisan nenek moyang kita. Merdeka!!!

sumber: http://letter03.blogspot.com/2010/04/kebudayaan-dan-kesenian-jawa-timur.html , http://id.wikipedia.org , http://www.youtube.com/

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: