Galau

Once again, this night, saya lagi galau. Mungkin saya galau karena sidia yang memberikan senyum manis padaku siang ini, mungkin juga tidak. Mungkin saya galau karena yogurt! Gyaaaaa yogurt yang saya buat kemarin malem ga jadi bung! Padahal udah pake bismillah dan full of love bikinnya TT.TT lak yo sedih se.

Dulu pas jaman liburan maba kan kerjaan saya nonton laptop si unyil tuh tiap hari, dari situ saya punya banyak keahlian home industry, mulai dari menanam jagung di kebun kita sampe bikin yogurt. Naah teorinya kalo bikin yogurt tu kombinasi antara suhu dan waktu. Jadi awalnya siapkan susu yang steril (bisa dengan dipanaskan) atau matang lah, agar bakteri yogurt dapat berkembang dengan baik pada media susu. Kemudian masukkan biang atau indukan yogurt (bisa diperoleh di toko keperluan industri untuk bibit asli atau dengan yogurt yang sudah jadi namun yang konsentrasinya tinggi atau tidak mengandung campuran apapun seperti rasa maupun zat lain) Dengan suhu yang tepat serta waktu yang pas akan diperoleh yogurt yang sempurna.

Tiga hari yang lalu saya bikin yogurt 1 tepak untuk pertama kalinya (dengan suhu kamar, didiamkan dari pukul 20:00 dan dihentikan pertumbuhannya pukul 17:00 esok harinya) dan hasilnya lumayan😀 Tidak mengecewakan untuk first trial (tapi belum sempat difoto sayangnya). Meskipun kurang matang kira-kira 1 jam lagi, dengan tekstur mirip yogurt arab, rasanya kecut-sepet-menyegarkan lah, tinggal ditambahi sirup atau gula udah kayak yogurt beli :p hahaha. Lha yang ini, saya bikin dua tepak dengan biang yogurt yang pertama yang sudah tinggal dikit (yang makan Cuma saya sama papa. Mungkin pengaruh golongan darah yang sama :p) dengan doa dan ikhtiar (didiamkan pukul 22:00 dan dihentikan pertumbuhannya pukul 18:00), itupun sudah galau karena pas siang jam 12 an gitu masih cair. Oke mungkin pengaruh biangnya sendiri yang kemarin kurang matang jadi belum mateng, eh gak taunya sampe sore pun tetep encer. Makin encer malah. Itu tanda kalo yogurt ini kematengen apa kurang mateng sih. Begitu dicicip rasanya kecut banget, lebih kecut dari yogurt kemaren, apalagi sama yogurt beli. Kedua tepak menunjukkan indikasi yang sama. Akhirnya salah satu tepak saya buat jadi froyo aja *ceileh keren banget. Mantab dah! Inspirasi ini dari oppa-oppa Britania SORTED yang kapan hari saya lihat video yang ngebikin quick ice cream, jadi ice cream nya dibuat dari cream cair dan gula yang dimixer sampe mengembang trus diblender sama strawberry and blueberry hmm yummy. Froyo yang saya buat ini ya yogurt + gula + strawberry (berhubung ga ada blueberry) + pasta strawberry and grape to taste lah. Sama sirup cocopandan gratisan beli pulsa, 1 sendok makan biar wangi, blender deh. Wenaak kayak es krim mahal *kayak pernah ae makan haha.

Trus dimasukin ke freezer deh biar beku (pukul 20:00) trus dua jam kemudian (pukul 22:00) diaduk, biar lembut (teorinya sih setiap 2 jam diaduk sampe 8 jam) tapi kalo misal setelah dibekukan 2 jam ternyata teksturnya lembut (mengingat itu susu yang habis diblender) ya ga perlu tiap 2 jam, nanti kalo sudah 8 jam aja diaduk lagi trus dimakan hahaha. TAPI TAPI *zoom TAPIIIIIHUHUHUHUHUHU freezernya ternyata kepenuhan jadi nutupnya ga sempurna trus… trus huhuhu HUHUHU yogurtnya GA BEKU SAMA SEKALI. Cuma agak dingin, dikit. Froyo yang belum menemui kodratnya. Bisa dibilang yogurt galau yang belum menjadi froyo. huhu akhirnya setelah ndusel-nduselin komponen di dalamnya akhirnya freezer bisa menutup denngan sempurna. Alhamdulillah😀 sekarang sih sudah jam 12 malam, tapi saya males ngecek si calon froyo hahaha. Lihat besok aja langsung, semoga bisa menjadi froyo yang sempurna, yang berguna bagi nusa dan bangsa. Amin. Bismillah!

Hwaiting froyo ya! :p

Categories: Kitchen | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: